Sabtu, 19 Mei 2012

asal usul marga siregar

Cerita Rakyat Tentang Marga Siregar dan Bonabulu Huta Sibadoar

-Mogot Laut gelar Tor Lalo Dipartuan Raja Sutan Parlindungan
Asa jolmana siboru tindang panungkunan adat tuan laen bolon, na mora sari matua oloan, sinuan boyu ni Raja sian Sipahutar tano Humbang. Nampuna pusako “Hujur Siburnung” na ni ondamkon tu musu hona burnung; ulubalangna margoar: Ulubalang Lapung na mondol-ondol. Membuka perkampungan pahulu Aek Lampesong (anak sungai Aek Siguti); letaknya tidak jauh dari Huta Paranjulu – Sipirok yang dinamakan Bonabulu Hosana (setelah ditinggalkan dinamakan Lobu Hasona). Beliau meninggal dan dimakamkan di Bonabulu Hasona.Turunannya generasi ke-3, yang bernama Dipartuan Mangaraja Mangalempang membuka perkampungan baru di hulu anak sungai Aek Siguti yang disebut Aek Batu Tunggal yang disebut Baringin Tumburjati, ganop langka mamorjati, na marparrapotan Asar ni Kak na marsopo gonjang sopo ratcang sio dalom magodang. Pada tahun 1969 “saring-saring” (tulang belulang) dari Mogot Laut gelar Tor Lalo Muda Dipertuan Raja Sutan Parlindungan oleh turunannya di “okkal” dari Lobu Hasona ke Baringin.
 Mengingat Lobu Hasona tempat makam/pusara termasuk wilayah Harajaon Sipirok Bagas Godang (pembagian wilayah Kuria oleh pemerintah Hindia Belanda; legalisasi kekuasaan di lapangan/de-fakto); maka pada waktu saring-saring almarhum di-okkal/dipindahkan ke Baringin Tumburjati; sebelumnya diadakan suatu upacara khusus penyerahan saring-saring (tulang belulang) oleh yang mewakili Harajaon Sipirok Bagas Godang, pada waktu itu oleh Mangaraja Tua kepada Harajaon Baringin Tumburjati yang diwakili oleh Bachrum Siregar pada waktu itu menjabat sebagai Direktur SMA Sipirok bertempat di Poken Aek Sipirok Godang. -Timba Laut; gelar Raja Pande Bosi Ompu ni Hatunggal; anak bungsu; Raja Sipirok. Sebagai anak bungsu dari Ompu Palti Raja (sianggian) sesuai adat menerima warisan sakral (hasahatan ni repe-repe) marga Siregar yang dipercaya mengandung mistik berupa: Tombak Siguam, berhiaskan rambut manusia korbannya; diyakini berfungsi di dalam upacara “Gaja Luppat” dalam rangka ma-“mele” Debata Mulajadi dengan mempersembahkan manusia hidup sebagai korban.Muda diondamkon diparmusuon, guamon sude alo. Selain tombak diwarisi juga pipa/cangklong yang bentuknya unik untuk menghisap tembakau serta tuku (bahan baku kayu) yang ditoreh dan bagian luarnya dibalut dengan mas (ampu harajaan); senjata raut Panaluan Jati (sejenis pisau) na tau monang di parmusuan dohot doal Sitingguang di Langit; sorana maninggual alamat monang marmusu, alamat bosur hangoluan.Semua benda-benda sakral pusaka marga Siregar ini, konon sampai sekarang diwarisi dan disimpan turunan Kuria Sipirok. Marbonabulu di Padang Handis –Tambatan Gaja na marsopo gonjang sopo rancang sio dalom magodang na disuan bulu aor duri humaliang huta bonabulu na marpintu horbangan na ni jagoan ni goruk-goruk hapinis. Ulubalangna margoar: Parosang-osang Saharbangan. Sopo godang na marsalapsap pandenggani sio bandir paoto-otohon na marpanikkan marsamonding, martiang godang juguhan marpollung.Anak kedua Timba Laut gelar Raja Pande Bosi Ompu ni Hatunggal atau cucu Ompu Palti Raja bernama Badia Raja gelar Namora Tuat Sende membuka perkampungan baru ke arah hulu Aek Siguti, lokasinya di pinggiran anak sungai yang bernama Aek Siharangkiang, tidak jauh dari Huta Pagaranpadang namanya: Hutaraja Tinggi Sidangar-dangar Sibadoar. Perkampunan ini kemudian berkembang, dan mendirikan perkampungan-perkampungan baru antara lain ke arah hilir Aek Siguti tidak jauh dari muara Aek Lampesong yang diberi nama: Huta Sibadoar; berkemungkinan karena di sekitarnya banyak tumbuh tanaman badoar (sejenis palma); kemudian nama perkampungan ini menjadi Lobu Sibadoar setelah ditinggalkan penghuninya.Catatan: Timba Laut gelar Raja Pande Bosi, Oppu ni Hatunggal mempunyai 3 (tiga) orang anak yaitu:
1. Sutan Mula Sontang; turunannya Bagas Lombang Sipirok; Bagas Godang Sipirok, dll.
2. Badia Raja gelar Namora Tuat Sende; turunannya di Sibadoar, dll.
3. Ja Hatunduhan; turunannya di Pagaranpadang, Simaninggir Sipirok, dll. Badia Raja gelar Namora Tuat Sende diyakini makam/pusaranya di pinggir Aek Mandurana Tor Sibohi; sekitar lokasi per-hotelan Tor Sibohi.**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar